Sugeng Rawuh


free counter

Kamis, 22 Oktober 2009

Mouthpiece Enak

Biarpun Dave Koz ataupun Kenny G pakai mouthpiece merek anu ataupun itu, kita tak perlu terpengaruh. Belum tentu lho mouthpiece (MP) mereka itu cocok dengan selera kita. Kelihatannya saja mereka enak tulat tulit meniup saxophone dengan mouthpiece dan reed kesukaannya. Tapi kalau kita yang meniup, meski dengan setelan MP dan reed sama persis dengan yang mereka punya, belum tentu kita akan sepiawai mereka. Bisa saja kita malah jadi ngos-ngosan saking tebalnya reed ataupun saking mangapnya cucuk mouthpiece (tip opening).

Ya, reed ukuran tebal ketemu dengan MP model tip opening mangap, akan membuat MP itu sulit ditiup. Dan sebaliknya, kombinasi antara reed tipis dengan MP berbukaan sempit, akan bikin MP terlalu enteng ditiup. Keduanya kurang ideal. Yang asyik itu kalau kita bisa mengatur kombinasi MP dan reed sehingga diperoleh MP yang enak ditiupnya. Enak, artinya ya enak, tidak terlalu berat ditiup ataupun terlalu ringan. MP ukuran medium dengan reed medium biasanya sudah cukup memuaskan.

Umumnya ukuran MP ada 3 macam yaitu MP dengan bukaan (tip opening) sempit, sedang dan lebar alias mangap. Selain tip opening itu ada lagi ukuran MP yaitu MP berparuh panjang atau pendek (facing length). Ada lagi ukuran besar kecilnya rongga dalam atau chamber. Chamber bisa sempit, agak longgar dan longgar. Sayangnya belum ada angka standar ukuran untuk berbagai merek mouthpiece yang beredar di pasaran.

Untuk reed, ukurannya bisa tipis, sedang dan tebal. Dimulai dengan kode angka 1 untuk reed tipis, hingga angka 4 atau 5 untuk yang tebal. Nomer reed 2 atau 2,5 adalah ukuran menengah.

Bahan dasar MP bisa beraneka, bisa terbuat dari plastik, kayu, ebonit, kristal ataupun metal. Jenis bahan ini tidak berpengaruh terhadap suara. Yang lebih mempengaruhi suara adalah keadaan ruang dalam atau chambernya. Ruang sempit menghasilkan suara lebih cring, lebih bright dan sebaliknya.



Yang paling penting bagi kita dalam memilih kombinasi MP dan reed yang sip adalah dengan mencobanya! Kita coba sampai kita dapatkan yang kita suka. Dan boleh dicatat, MP merek terkenal dan mahal belum tentu lebih enak daripada MP yang berharga murah. Baik yang mahal maupun yang murah keduanya punya resiko sama, yaitu kalau jatuh ya..., rusak.

Gitu deh…

1 komentar: