Sugeng Rawuh


free counter

Kamis, 22 Oktober 2009

Mouthpiece pun bisa bernyanyi

Dengan saxophone, kita bisa melantunkan lagu, tralala en trilili. Tapi pernahkah mencoba bernyanyi dengan menggunakan mouthpiece nya saja? Bener lho, mouthpiece saxophone (tentunya plus reed), itu bisa juga bernada. Tidak hanya satu atau dua nada, bahkan dia bisa menyuarakan nada2 hingga lebih dari 1 oktaf, dari nada sol rendah sampai nada do tinggi. Kok bisa?

Ya bisa dong, karena di antara reed dan mouthpiece saxophone itu terdapat celah yang dapat kita atur "bukaannya" alias lebar sempitnya dengan menggunakan bibir bawah. Ibaratnya selang air, kita bisa pijit2 ujung selang itu guna menghasilkan aliran air yang muncrat ke arah jauh sana atau cukup mengalir ke dekat2 sini saja. Begitu juga mouthpiece, semakin bibir kita ketat "memijit", nada yang dihasilkan akan semakin tinggi, dan sebaliknya, kala pijitan bibir kita kendorkan, suara mouthpiece pun akan merendah.

Dan berlatih bernyanyi dengan mouthpiece ini penting, supaya bibir kita menjadi cukup fleksibel, sehingga bisa sukses menyuarakan nada2 rendah, terutama pada saxophone jenis tenor.


Silahkan melantunkan lagu "balonku ada lima", dengan menggunakan mouthpiece saja. Notasinya sbb: 3 4 5 1 5 3 5 1...., 2 3 4 2 5 4 3...., 1 1 6 6 7 1 5 ...., 3 4 5 4 3 2 1... dst.


Jadi, untuk berhasil mendapatkan nada2 bawah pada saxophone, posisi jepitan bibir kita di mouthpiece juga mesti mengendur, dan sebaliknya untuk nada tinggi jepitan bibir harus makin ketat.

Gitu deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar