Sugeng Rawuh


free counter

Kamis, 22 Oktober 2009

Saxophone kini makin asyik aja.

Model saxophone berkembang seiring waktu. Dari mula2 sederhana kini menjadi sempurna. Tombol pengatur nadanya semakin lengkap, konstruksinya semakin kuat dan dimainkannya semakin enak. Ya, kini main saxophone makin asyik aja.

Dan saxophone masa kini modelnya nyaris sama, meskipun mereknya berbeda beda. Perbedaan antara saxophone model lama dengan disain saxophone moderen sangat menyolok antara lain pada bentuk "table key" nya, model yang lama mengarah ke dalam sedangkan pada saxophone moderen table key itu mengarah keluar. Selain itu bentuk "guard" nya juga mengalami perubahan, dari guard berbentuk kawat menjadi bermodel plat.

Rupanya saxophone kini sudah menemukan disain standardnya. Dan yang menjadi acuannya tak lain adalah model saxophone Selmer mark VII (menurut saya). Atau akankah disain saxophone nantinya masih akan berkembang lagi? Entahlah...

Dengan adanya standard model itu, apakah saxophone vintage, saxophone model lama jadi kurang menarik? Menurut saya tidak demikian. Saxophone vintage masih tetap istimewa, terlebih lagi di waktu lalu para produsen saxophone itu membuat saxophone dengan ciri khas masing2. Lain merek, lain model. Jadi ada banyak variasi model.

Gitu deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar